Saturday, May 30, 2015

7 Cara Melatih Anak Mandiri




Sikap mandiri perlu ditanamkan pada anak sedini mungkin. Bila anak mandiri, anak akan percaya diri di manapun berada. Paling tidak, terdapat 7 cara melatih anak agar bisa mandiri anak agar bisa mandiri, antara lain :
  1. Mintalah merapikan kamar tidur sendiri. Setiap pagi, mintalah anak sekurang-kurangnya 10 menit untuk merapikan kamar tidurnya sendiri. Selimut supaya dilipat yang baik. Demikian pula bantal dan guling. Buku dan alat tulis di meja ditata rapi. Mintalah membuka jendela agar sirkulasi udara lancar.
  2. Mempersiapkan diri sebelum ke sekolah. Setiap malam sebelum tidur, pastikan anak menyediakan kelengkapan sekolah sendiri. Misalnya, baju sudah disetrika, buku-buku dan peralatan sekolah dimasukkan ke dalam tas. Hal ini agar anak tidak kalang kabut pada pada pagi hari.
  3. Ajari meletakkan barang pada tempatnya. Ajari anak meletakkan barang pada tempatnya. Karena itu sediakan rak-rak barang di sudut kamar tidur, ruang tamu dan dapur supaya anak anak tidak kesulitan meletakkan barang miliknya dengan cara speerti itu, anak mudah mengambil kembali barang itu bila diperlukan.
  4. Menyiapkan makanan di meja makan. Kerika anda sedang menyiapkan makanan di meja makan, mintalah anak ikut membantu. Pastikan barang-barang yang dipegang anak tidak mudah pecah. Sehabis makan, mintalah anak membawa piring ketempat cuci piring sekaligus mencucinya sendiri.
  5. Mintalah meletakkan pakaian kotor pada tempatnya. Mintalah anak memasukkan pakaian kotor pada tempatnya. Ingatkan, bila sembarangan meletakkan pakaian kotor, pakaiannya tidak akan dicuci. Sediakan tempat pakaian kotor, dan pastikan anak memasukkan pakaian kotor setiap hari.
  6. Ajari ambil makan sendiri. Anak-anak dalam masa tumbuh kembang suka makan. Karena itu siapkan makanan, termasuk makanan cemilan. Ajari anak untuk mengambil makanan sendiri.
  7. Bersih-bersih bersama dihari libur. Pada hari minggu ajari anak bersih-bersih seluruh rumah bersama anggota keluarga yang lain. Pilihkan pekerjaan yang harus dilakukan anak sesuai usianya. Kegiatan itu bisa dua atau tiga jam setelah sarapan pagi. Sesudah selesai, ajak anak jalan-jalan untuk rekreasi.

No comments:

Post a Comment