Saturday, May 30, 2015

Tips Menghadapi Anak Yang Nakal Karena Kehadiran Calon Adik Bayi


Banyak anak yang mengalami perubahan tingkah laku saat mengetahui ibunya hamil. Misalnya anak yang cenderung menjadi cengeng, manja, atau nakal. Perubahan tingkah laku itu berkaitan erat dengan kesiapan dan kematangan anak ketika dirinya akan mendapatkan adik baru. Di mata orang tua, kehadiran adik baru kelihatannya sangat sederhana. Tetapi tidak demikian bagi anak. Anak memerlukan kesiapan mental untuk dapat menerima tanggung jawab sosial terkait perubahan perannya sebagai kakak.

Perubahan peran menjadi seorang kakak sering membuat anak sedih. Anak menjadi cemas akan kehilangan berbagai hal yang selama ini didapatkan, misalnya kehilangan perhatian dan kasih sayang. Lebih-lebih bila selama masa kehamilan si ibu memberikan proteksi terhadap anak dengan cara meminta anak belajar mandiri karena sebentar lagi anak memiliki adik. Pernyataan sederhana tersebut bisa memberikan dampak besar pada perubahan perilaku anak. Anak akan merasa tidak diperhatikan lagi. Ibunya kini lebih sayang pada adiknya, perasaan seperti itu bisa membuat anak tidak suka ke pada adiknya, sebab merasa adikknya telah merebut kasih sayang dari orang tuanya.

Reaksi negative tersebut sebenarnya bisa diantisipasi orang tua. Sebelum seorang ibu menjalani kehamilan seharusnya terlebih dahulu telah mempersiapkan mental anak. Anak harus diberitahukan kalau sebentar lagi punya adik. Kehadiran adik bukan sebagai pesaing atau merebut kasih sayang darinya, tetapu sebagai teman bermain. Ajarkan pula anak sering memeluk adiknya yang masih dalam kandungan. Pada saat itu, orang tua bisa memberikan pengarahan bahwa kakak harus menyayangi adiknya.

Yang sangat penting bagi orang tua, harus bersikap adil setelah si adik lahir. Anak tentu belum bisa memahami makna adil. Namun memberikan rasa keadilan dapat digunakan dengan bahasa tubuh. Misalnya dengan memberikan pelukan atau sekedar ciuman saat kakak dan adik sedang bermain bersama. Kemudian, jangan membeda-bedakan antara kakak dan adik. Keduanya herus diberikan kasih sayang yang sama. Jika si adik dibelikan baju baru misalnya, kakaknya juga harus dibelikan. Malahan, sampai warna pun sebaiknya sama agar tidak berebut. Dengan cara seperti itu, anak akan menerima dengan senang hati kehadiran adik baru.

No comments:

Post a Comment