Sunday, May 31, 2015

Warna dan Khasiat Buah - Sayuran Favorit Keluarga



Tentu semua orang tahu bahwa melengkapi asupan gizi sangat penting bagi kesehatan anggota keluarga yang kita sayangi. Namun tidak banyak yang menyadari bahwa nutrisi makanan yang kita asup dapat di ketahui berdasarkan warna dari makanan tersebut . Jadi, berikut saya ulas beberapa pengetahuan mengenai warna makanan dan nutrisi yang terkandung didalamnya.

 Warna merah tua dan ungu. Buah dan sayuran bewarna merah tua dan ungu umumnya mengandung anthocyanin, yaitu antioksidan untuk menghambat terbentuknya gumpalan pada pembuluh darah. Dengan demikian akan megurangi resiko penyakit jantung dan stroke. selain terung ungu, buah dan sayur yang mengandung anthocyanin adalah pir merah, kol ungu, cabai merah, plum, blueberries, stroberi, ceri, anggur merah dan ungu serta apel merah.

Warna kuning atau hijau. Anda ingin mata sehat ? jangan segan untuk mengonsumsi bauh dan sayur bewarna kunign atau hijau yang mengandung lutein dan zeaxanthin. Selain memperlambat pemburukan katarak, zat ini juga mampu memperlambat penurunan daya penglihatan. Buah dan sayura: kacang polong, buncis, cabai hijau, melon, kiwi, bayam, alpukat, jagung, mentimun dengan kulitnya serta buncis.

Warna merah. Buah – buahan bewarna merah banyak mengandung lycopene, yaitu antioksidan yang ampuh melawan kanker. Tomat termasuk produk olahan tomat seperti saus tomat,. Selain tomat, anda bisa mendapatkan antioksidan penting pada jambu bold an semangka.

Warna jingga. Warna jingga mengandung betacarotene, yakni zat penting yang dominan dalam buah-buahan bewarna jingga. Selain berkhasiat menjaga kesehatan mata dan kulit, betacarotene juga mengurangi risiiko kanker. Buah dan sayur sumber betacarotene : apricot, manga, labu, ubi jalar.

Warna hijau. Sayur-sayuran bewarna hijau adalah gudang zat penting isothiocyanate, sulforaphane dan indole. Zat-zat ini untuk merangsang produksi enzim pada liver untuk melawan kanker. Beberapa contoh buah dan sayuran hijau dan agak putih adlah kembang kol, lobak, brokoli, kol dan bokcoi.

Warna kuning atau jingga. Buah-buahan kuning masih sekeluarga dengan buah-buahan bewarna jingga merupakan sumber betacryptoxanthin, sejenis anioksidan untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan, untuk buah-buahan, anda dapat mengonsumsi jeruk, peach, nenas dan papaya.

Warna putih atau hijau. Bawang putih selain menyedapkan aroma masakan, juga mengandung zat antitumor allicin. Jenis sayuran bewarna putih atau hijau juga mengandug flavonoid, yakni zat untuk melindungi sel dari kerusakan. Jenis sayuran : asparagus, daun seledri, daun bawang dan jamur lokio.



No comments:

Post a Comment