Monday, June 1, 2015

Sri Lanka Sebuah Eksotisme Budaya Tua, Surga Bagi Pencinta Batu Permata.


Sri Lanka yang terletak di lautan Hindia, tepatnya di ujung selatan pesisir india, adalah sebuah negeri dengan seni dan budaya nan tinggi. Banyak kemiripannya dengan negeri kita. Pendek kata, ke Sri Lanka ibarat pulang kampung.

Sri Lanka atau kerap disingkat lanka, diambil dari bahasa Sanskrit. Sri berarti menarik, dan Lanka adalah nama kerajaan di dalam Kitab Mahabharata dan Ramayana. Negeri yang merdeka pada 4 Februari 1948 masih memegang teguh nilai kekerabatan, akar budaya dan tradisi leluhur. Inilah yang kiranya menambah daya pikat Sri Lanka di mata dunia. Sri Lanka juga Negara dengan multiagama dan multietnik (Sinhalese, Tamil, Moor, Melayu dan Burgher), mereka semua tetap saling menghargai dan hidup rukun.

Seperti di Indonesia, banyak wanita muda aktif di sektor kerja, namun tetap luwes menjaga tradisi menggunakan sari sebagai pakaian mereka. Keramah tamahan mereka dalam bertutur kata seperti  ucapan “Ayubowan” sapaan ramah penduduk yang berarti “semoga anda terbekati dengan umur yang panjang”. Indah sekali. Atau seni atraksi semacam debus yang ada di tanah air. Dan nilai dasar dalam keluarga, anak yang sangat nurut dan menghormati orang tua.

Kabar suka cita bagi pecinta batu permata yang kini tengah digandrungi masyarakat di Tanah air. Sri Lanka adalah tempat yang tepat untuk berburu bebatuan permata (gem stone) berkualitas internasional seperti zamrud, sapphire, ruby, garnet, amethyst, opal, red sphinet dan masih banyak lagi. Hanya, jangan salah pilih toko. Untuk mendapatkan batu permata yang terjamin kualitasnya, belilah di toko berlisensi yang selalu mengeluarkan sertifikat untuk setiap pembelian batu permata.

Salah satunya, Gamini Gem jewelry di Jl. Hudson, Halloluwa, Kandy. Yang memiliki banyak koleksi aksesoris cantik bertahtakan batu permata. Tempat ini bagaikan surga batu mulia bagi perempuan pengoleksi dan pecinta gemstone, tidak akan terasa waktu berlalu dengan cepatnya hanya untuk menikmati koleksi yang dipajang di etalase toko. Lebih mengasyikkan, pemilik toko dengar sabar memilihkan jenis batu yang sesuai dengan kita berdasarkan zodiak dan bulan kelahiran. Namun yang pasti, mecarikan cincin dan leontin yang berjodoh dengan kocek kita. Hehee ..

No comments:

Post a Comment